Custom Search

Presiden Tiba di Surabaya

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan yang akan mengikuti upacara pemakaman mantan presiden KH Abdurrahman Wahid tiba di Surabaya, Jawa Timur, Kamis pagi .

Sekitar pukul 08.10 WIB, pesawat kepresidenan yang membawa Kepala Negara beserta rombongan tiba di Bandara Juanda, Surabaya.

Dari Surabaya Presiden beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan melalui jalan darat menuju Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, lokasi dimana Gus Dur akan dimakamkan.

Perjalanan tersebut dijadwalkan berlangsung selama lebih kurang satu jam, dengan rute lebih kurang Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang

Ketika berita ini diturunkan Kepala Negara beserta rombongan sedang beristirahat di ruang tunggu VVIP Bandara Juanda.

Presiden Yudhoyono akan menjadi inspektur upacara pemakaman Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng.

Turut serta dalam rombongan Presiden antara lain mantan wakil presiden Try Sutrisno, Menkopolhukan Djoko Suyanto, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Menteri Kesehatan Endang Rahayu S, Menlu Marty M Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Saat Presiden beserta rombongan masih menanti kesiapan keberangkatan ke Jombang , tampak Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Bandara Juanda.

Prabowo pada Rabu malam juga tampak melayat Gus Dur di rumah duka.

Gus Dur wafat pada Rabu (30/12) sekitar pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo , Jakarta karena mengalami komplikasi.

Anak sulung dari enam bersaudara putra mantan Menteri Agama KH Wahid Hasyim yang dilahirkan di Jombang, 7 September 1940 itu wafat pada usia 69 tahun.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu dirawat di ruang vvip nomor 116 gedung A RSCM.

Sebelum dirawat di RSCM jakarta, Gus Dur sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang, Jawa Timur pada Kamis (24/12) karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Gus Dur yang menjabat sebagai presiden ke-4 RI periode 1999-2001 itu meninggalkan seorang istri, Shinta Nuriyah, dan empat orang anak yaitu Alissa Qotrunnada, Zannuba Ariffah Chafsoh, Anita Hayatunnufus dan Inayah Wulandari.

Saat memimpin Kabinet Persatuan Nasional ,salah gebrakan Gus Dur yang tercatat dalam sejarah adalah mengizinkan perayaan tahun baru China yang dilarang selama Orde Baru dan pengakuan agama Konghu Cu.

Gus Dur akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang didirikan oleh kakek dari ayahnya, KH Hasyim Asy`ari pada 1899.

Pondok Pesantren Tebuireng yang saat ini dipimpin oleh adiknya, KH Salahuddin Wahid itu merupakan pondok pesantren terbesar di Jombang.

Pada Rabu malam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh rakyat Indonesia memberikan penghormatan yang paling tinggi seraya mendoakan almarhum.

Kepala Negara juga minta seluruh rakyat Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih setengah selama tiang tujuh hari sebagai wujud rasa duka mendalam.

Menurut Presiden, yang sempat menjenguk Gus Dur di saat-saat terakhirnya, negara ingin memberikan penghormatan tertinggi pada pemakaman Gus Dur dengan upacara kenegaraan di Jombang.

Pada Rabu malam, sejumlah mantan presiden dan wakil presiden juga tampak melayat Gus Dur yang disemayamkan di rumah duka Ciganjur. Mereka antara lain BJ Habibie, Megawati dan Try Sutrisno.(ANTARA)



http://sbypresidency.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY