Custom Search

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono: Ini Menyangkut Harga Diri Bangsa

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membatalkan kunjungannya ke Belanda. Sedianya dia berangkat bersama Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan sejumlah menteri lain dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Selasa (5/10) pukul 15.

Rombongan sudah tiba di Halim sekitar pukul 13.00 dan langsung makan siang. Namun pada 13.40, mobil kepresidenan RI 1, kembali disiapkan di muka ruang VIP. Pengawal pun sibuk menurunkan tas-tas hitam dari pesawat Garuda Indonesia PK-GAE yang sudah menyalakan mesin.

Pukul 14.25, Presiden Yudhoyono memberikan keterangan pers. "Ada perkembangan situasi di Belanda yang haruskan saya ambil sikap dan keputusan demi kepentingan kita," ujarnya.

Dia mengatakan pembatalan dilakukan di jam-jam terakhir. Menurutnya, ada pergerakan yang tuntut permasalahan Hak Asasi Manusia di Indonesia ke Pengadilan di Den Haag. "Yang tuntut organisasi yang didalamnya ada RMS (Republik Maluku Selatan)," kata Yudhoyono.

Presiden mengatakan ancaman keamanan kunjungan kepala negara adalah hal biasa. Namun dia tidak dapat menerima adanya tuntutan pengadilan internasional yang mencakup penangkapan Presiden RI. "Kalau sampai digelar pengadilan, (ini) menyangkut harga diri sebagai bangsa," kata Yudhoyono dengan suara serak dan bergetar.

Terlebih, dia melanjutkan, kunjungan ini berawal dari undangan ratu dan perdana menteri Belanda. Pemerintah akan mengirim surat ke Belanda untuk menjelaskan alasan penundaan kunjungan. "Sampai kapan diundur, sampai situasi jernih," katanya.

Kunjungan kenegaraan yang dijadwalkan sejak 2007 ini rencananya berlangsung sampai 9 Oktober mendatang. Di Negeri Kincir Angin, Presiden dijadwalkan bertemu dengan Ratu Beatrix dan mendapat tanda kehormatan Order of the Dutch Lion. Selain itu, kunjungan bertujuan untuk promosi ekonomi dan pariwisata.

• TEMPO Interaktif

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


BERITA LAINNYA:

http://sbypresidency.blogspot.com/

Terima kasih sudah menyempatkan diri mengunjungi halaman ini.

Situs web ini bersifat non komersial, karena itu tidak dirancang untuk memperoleh keuntungan materi. Akan tetapi besarnya biaya bulanan untuk membuat situs ini tetap eksis merupakan kesulitan utama dalam mempertahankan dan meningkatkan situs ini.Jika Anda menyukai situs web ini, Anda bisa membantu untuk membuatnya lebih baik. Untuk pengembangan website ini kami membutuhkan sumbangan anda, klik logo DONATE dibawah ini:




Kiriman sekecil apa pun akan sangat berharga bagi masa depan situs ini selanjutnya. Terima kasih sebelumnya atas dukungan Anda.



Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Iklan Kerja Online
CHOICES YOUR DREAMS, WANTS AND NEEDS
www.video2be.com

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY