Custom Search

Presiden Yudhoyono Bertolak ke KTT ASEAN Besok

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono besok pagi akan berangkat menuju Hua Hin, Thailand, untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-15. Presiden akan berada di Negeri Gajah Putih itu hingga 26 Oktober mendatang.

Menurut Juru Bicara Presiden Dino Pati Djalal, ada empat tema sentral yang akan dibahas. Pertama adalah konektivitas antarwilayah, ketahanan pangan dan energi, perubahan iklim, serta manajemen penanganan bencana.

"Bapak Presiden SBY datang terlambat karena hari ini adalah hari pertama sidang kabinet," kata Dino di Kantor Presiden, Jumat (24/10).

Selain itu, Yudhoyono juga akan mengikuti pertemuan ASEAN plus 3, dan India- ASEAN. Selain itu ada pertemuan Brunei, Indonesia, Malaysia, Philipina East Asia Growth Area dan pertemuan bilateral dengan Jepang.

Dalam pertemuan tersebut juga akan diadopsi beberapa dokumen, di antaranya, Chan Am Hua Hin Declaration on Inaguration Komisi Hak Asasi Manusia antarpemerintah ASEAN, Chan Am Hua Hin Declaration on Strengthening Education Cooperation, dan perjanjian tentang manajemen penanganan bencana.

Kemudian, dalam pertemuan tersebut Singapura juga mengusulkan pentingnya pembangunan insfrastruktur yang menghubungkan ASEAN. "Indonesia akan dukung ide-ide itu, terutama untuk menghubungkan ASEAN," kata Dino.

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY