Custom Search

SBY Peringati Perdamaian Dunia di Ambon

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri perayaan Hari Perdamaian Dunia yang diadakan di Taman Pelita Ambon. Dalam acara ini juga diresmikan Monumen Gong Perdamaian Dunia.

Menurut rencana acara akan dimulai pada pukul 10.00 WIT. Acara ini juga akan diisi dengan pembacaan sejarah singkat Gong Perdamaian Dunia oleh Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Sutani, pembacaan pesan sekretaris jenderal PBB oleh Deputi Director ILO Peter Van Roij.

Menurut Menko Kesra Agung Laksono, kota Ambon, dipilih sebagai tempat peringatan Hari Perdamaian Dunia tahun ini karena Ambon mempunyai sejarah tragedi kemanusiaan. Meski daerah lain di Indonesia seperti Aceh juga merupakan daerah konflik, konflik Ambon pada saat itu merupakan konflik horizontal. Konflik tersebut sudah bisa diselesaikan, yang saat ini tak hanya membawa perdamaian namun juga kesejahteraan.

"Jadi ini bukan hanya bicara mengenai pemeliharaan perdamaian ke depan, namun bagaimana mengembangkan Ambon ini," ujarnya di Ambon Selasa malam, 24 November.

Presiden juga diagendakan memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan pemukulan gong perdamaian dunia sebagai tanda hari perdamaian dunia tahun 2009. SBY juga akan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian monumen gong perdamaian dunia.

Gong tersebut didatangkan langsung dari Jepara-Jawa Tengah ke Ambon. Agung mengatakan nantinya monumen tersebut akan dilengkapi dengan diorama yang berisi mengenai foto-foto yang menggambarkan tragedi kemanusiaan pada 1999-2004 itu.

Setelah acara perayaan Hari Perdamaian Dunia, SBY juga akan melakukan peresmian proyek pembangunan di Provinsi Maluku dan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk provinsi Maluku.

Selain itu juga diserahkan bantuan dana bergulir koperasi, usaha mikri kecil dan menengah, bantuan program pengembangan praktek keterampilan usaha (TPKU) pada lembaga pendidikan di pedesaan. Acara tersebut akan dilangsungkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), Tantu-Ambon.(vivanews)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY