Custom Search

2010 Jadi Tahun Persahabatan Indonesia-China

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Perdana Menter Cina Hu Jintau di Singapore, Jumat 13 November 2009. Dua pemimpin negara ini berbincang selama 30 menit.

Kedua pemimpin ini sepakat, untuk meningkatkan hubungan kemitraan Indonesia-China pada tahun depan. Bahkan 2010 akan dijadikan sebagai tahun persahabatan Indonesia-China. Soalnya tepat 13 april 2010, adalah 60 tahun hubungan Indonesia-China. Hubungan dagang Indonesia-China saat ini bernilai US$30 miliar.

SBY didampingi lima menteri dan seorang pejabat setingkat menteri. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Perdagangan MS Hidayat, Menhan Purnomo, Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangen, dan Ketua BKPM Gita Wirjawan.

Juru Bicara Presien, Dino Patti Djalal, mengatakan dalam pertemuan itu diawali dengan ucapan selamat dari PM Cina atas terpilihnya SBY sebagai presiden untuk kedua kalinya. "Hu Jintau mengapresiasi leadership SBY selama ini, yang menghadapi berbagai masalah di dalam negeri, seperti tsunami dan bencana alam," kata Dino.

PM Cina mengharapkan Indonesia bisa memainkan peranannya yang lebih besar lagi di dunia internasional terutama dalam penanganan krisis global. Selain itu, dibicarakan juga peningkatan kerjasama ekonomi yang lebih strategis dan kongkrit. "Terutama di pembangunan infrastruktur," kata Dino.

SBY juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama cina dalam pembangunan jembatan Suramadu di Jawa Timur. Dia menyebut itu adalah contoh kongkrit kerjasama.(VIVAnews)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY