Custom Search

Juru Bicara SBY, Dulu Berkumis Sekarang Kelimis

SBY PRESIDENCY

Dulu lulusan UGM sekarang lulusan UI, dulu asal Makassar sekarang asal Lampung, dan dulu berkumis sekarang tampil kelimis. Begitulah sepertinya tiga hal yang membedakan antara juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lama, Andi Alvian Mallarangeng dan Julian Aldrin Pasha. Eits, satu lagi, dulu bicaranya lantang sekarang kalem.

Tampil santun dan tidak banyak bicara, begitulah kesan pertama ketika para wartawan berinteraksi dengan jubir baru SBY ini. Sosok Julian yang mantan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI ini memang tampak lebih kalem dibanding jubir sebelumnya, Andi Mallarangeng.

Selain itu, tak ada kumis tebal di wajah pria asal Lampung ini. Kalau pesona Andi Mallarangeng dulu adalah kumisnya, maka kita tunggu saja apa pesona dari juru bicara baru SBY ini. Yang jelas, Julian juga tak kalah akrabnya dengan wartawan, seperti halnya Andi Mallarangeng.

"Panggil saja terserah. Boleh pak, mas atau bang," ujarnya saat ditanya enaknya wartawan memanggilnya dengan sebutan apa.

Dibanding dengan Andi, Julian sepertinya sosok yang lebih hati-hati dalam menyikapi isu nasional. Hal ini terlihat saat para jurnalis menanyakan kondisi aktual yang sedang terjadi di negeri ini.

"Saya tidak bisa langsung menanggapi isu-isu yang sensitif. Harus dikomunikasikan terlebih dahulu kepada Presiden," kata Julian saat ditanya tentang statement mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang menyindir pemanggilan media oleh Mabes Polri. "Oh, yang tadi ditulis di detikcom ya," Julian malah balik bertanya.

Sepintas Julian juga terkesan rendah hati. "Tolong saya juga dibantu nanti," pinta doktor lulusan Hosei University, Jepang, ini.

Untuk mengakrabkan dengan para wartawan Istana, pria berkulit terang ini pun berencana akan menggelar acara keakraban dengan para jurnalis yang tiap hari meliput acara Presiden. Julian juga tidak segan-segan ditelepon kapan pun oleh para wartawan untuk diminta komentar Presiden terhadap isu-isu aktual dalam negeri.

Tampil perdana di muka publik dengan jabatan baru, membuat Julian agak grogi. Dia tampak sesekali mengusap wajahnya yang berkeringat dengan sapu tangan saat puluhan jurnalis memberondonginya dengan berbagai pertanyaan. Untungnya, sang jubir baru ini mampu menjawab semua pertanyaan wartawan dengan tepat, meskipun untuk beberapa pertanyaan harus dikomunikasikan terlebih dahulu dengan Presiden.

Selamat mengemban jabatan baru, Pak Julian eh Bang Julian..(detikNews)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY