Custom Search

RI Anugerahi Bintang Mahaputra Utama Bagi Tiga WN Belanda

SBY PRESIDENCY

Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada tiga warga negara Belanda atas kontribusi mereka terhadap peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Hassan Wirajuda.

"Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda pada 9 Oktober 2009 dijadwalkan tiba di KBRI Den Haag untuk memberikan tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama atas jasa tiga warga negara Belanda yang meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Jumat (9/10).

Faizasyah memaparkan, tiga warga Belanda peraih penghargaan tersebut adalah mantan Menteri Luar Negeri Belanda Dr. Bernard Rudolf Bot, anggota Komisi Luar Negeri Belanda Hans Van Balen dan presiden organisasi kemasyarakatan Jacques Zeno Brijl.

Bernard Rudolph Bot selama menjabat sebagai Menlu Belanda periode 2003-2007 dianggap berhasil meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Belanda khususnya dalam memperjuangkan penerimaan secara moral dan politis oleh Belanda terhadap Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945 .

Selain itu, tambahnya, mantan Menlu Bot dan Menlu Hassan Wirajuda juga pernah menandatangani perjanjian mengenai komitmen Belanda dan Indonesia dalam melaksanakan mekanisme kemitraan yang komprehensif melalui dialog dan kerja sama.

Penerima penghargaan selanjutnya adalah Hans van Balen yang merupakan anggota parlemen Belanda dari partai oposisi. Hans van Balesn dinilai vokal dalam menjaga konsistensi dukungan parlemen Belanda terhadap integritas Indonesia.

Warga Belanda terakhir yang mendapat penghargaan yaitu Jacques Zeno Brijl, Presiden organisasi Horizon Holland yang bergerak di bidang sosial khususnya sektor kesehatan. Bersama lembaga yang dipimpinnya, Brijl berupaya memajukan hubungan bilateral Belanda-Indonesia salah satunya yaitu bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Indonesia untuk memberikan sumbangan berupa perlengkapan medis.(kompas.com)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY