Custom Search

Dinobatkan Jadi Raja Besar Maluku, SBY Kunyah Sirih

SBY PRESIDENCY

Ketua adat Maluku menganugerahkan gelar Upu Latu-rat Maran Siwa Lima kepada Presiden SBY. SBY mendapatkan gelar raja kehormatan tertinggi ini karena dianggap berbakti untuk rakyat Maluku.

"Gelar anugerah tertinggi yang akan dianugerahkan pada Presiden SBY adalah yang memiliki arti raja besar Maluku," kata Gubernur Maluku Karel Albert Raalahalu saat memberi sambutan penganugerahan dari ketua adat Maluku untuk SBY di Baileo Siwa Lima, Ambon, Maluku, Selasa (24/11/2009).

Rangkaian acara penganugerahan gelar adat tertinggi ini dimulai dengan pembacaan putusan majelis adat Maluku. "Berdasarkan surat keputusan maklumat majelis Ulu Pati, Maluku, memberikan gelar kehormatan tertinggi Upu Latu-rat Maran Siwa Lima kepada Presiden SBY," kata ketua Latu Pati Maluku, Abdullah Malawat saat menyampaikan anugerah.

Penghargaan ini bukan tanpa sebab. Ketua adat Maluku merasa SBY sudah berhasil mendamaikan kerusuhan di Maluku. Esok hari, gong perdamaian dunia akan dipukul SBY dalam peringatan hari perdamaian dunia.

"Terima kasih telah membawa gong perdamaian dunia ke Maluku, sehingga Maluku dikenal di seluruh dunia," imbuhnya.

Setelah pembacaan anugerah, ketua adat Maluku bersama sejumlah tokoh Maluku maju ke depan panggung. Sang ketua adat kemudian meminta SBY maju ke mimbar. Sebelum memulai ritual penganugerahan, SBY diminta melumat sirih dan kapur. SBY mengunyahnya dengan tenang.

SBY kemudian diperkenankan memakai jubah kebesaran yang berwarna putih dengan ikat pinggang merah, dan kain bahu merah berlogo provinsi Maluku yang lengkap berkepala bulat berlapis emas. Tak lupa mahkota berwarna merah yang dihiasi bulu kuning emas nan mewah.

Turut hadir dalam acara ini ibu negara Ani Yudhoyono, Menkokesra Agung Laksono, Menteri PDT Helmy Faishal Zaini, Menko UKM Syarif Hasan, Menteri Kelautan Fadel Muhammad, Menpora Andi Mallarangeng dan Meneg PP Linda Agum Gumelar, Mendagri Gamawan Fauzi dan Kepala BIN Sutanto.(detiknews)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY