Custom Search

Buku "Harus Bisa" (Seni Memimpin ala SBY)

http://www.presidensby.info/harusbisa/images/buku.jpg

Ide untuk menulis buku ini datang ketika suatu hari saya membersihkan meja kerja saya, dan menemukan sekumpulan nota-nota tulisan tangan SBY yang tersimpan di laci. Presiden SBY sering menulis nota-nota ini dalam rapat kabinet kepada menteri dan stafnya, umumnya berisi instruksi, klarifikasi, atau meminta dicarikan informasi.

Ketika membenahi nota-nota ini, saya langsung sadar bahwa ini bukan arsip biasa: ini adalah sidik jari dari era politik penting yang kelak akan dipelajari di sekolah dan kampus. Dan sidik jari SBY ini ada dimana-mana: dalam berbagai keputusannya, pidatonya, gebrakannya, pikirannya, tindakannya, konflik batinnya –-semua ini adalah jejak-jejak sejarah yang masih segar di depan mata. Dari sinilah timbul gagasan untuk membuat catatan harian untuk merekam peristiwa-peristiwa di Istana.

Buku ini berisi kumpulan leadership notes saya selama bertugas mendampingi Presiden SBY dalam berbagai situasi. Saya katakan leadership notes karena semua cerita serius atau ringan dalam buku ini ada kaitannya dengan ilmu kepemimpinan, dari krisis tsunami sampai Piala Asia, dari subsidi BBM sampai KTT OKI, dari perubahan iklim sampai parsel mangga.

Buku ini memotret dan merekam kepemimpinan SBY dalam mengemban tugas-tugasnya. Faktual dan apa adanya. Ketika meminta izin untuk menulis buku ini, SBY dengan jernih mengatakan kepada saya, "Dino, kalau engkau ingin menulis tentang apa yang saya pikir dan lakukan, tulislah secara obyektif. Ceritakan tentang kebenaran. Say what I do, what I have done. Itu abadi, Din."

Dino Patti Djalal

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY