Custom Search

SBY di Malaysia & Singapura 11-16 November

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan bilateral ke Malaysia dan Singapura mulai Rabu 11 November 2009 besok. SBY di Malaysia mulai besok sampai Kamis, setelah itu bertolak ke Singapura.

“Presiden SBY besok akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk melakukan kunjungan bilateral," ujar Juru Bicara Presiden, Dino Patti Djalal, usai rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 November 2009. "Ini adalah kunjungan bilateral Presiden SBY yang pertama ke luar negeri."

Kunjungan SBY ke Thailand kemarin adalah kunjungan dalam rangka ASEAN. "Yang perlu dicatat adalah bahwa keinginan beliau sebagaimana di tahun 2004 dulu, negara pertama yang dikunjungi setelah dilantik sebagai Presiden RI adalah Malaysia sebagai negara tetangga dan negara sahabat Indonesia,” kata Dino.

SBY tiba di Kuala Lumpur besok siang dan langsung mengadakan kunjungan kehormatan pada Kepala Negara Malaysia, yang Dipertuan Agung ke-13. Setelah itu, SBY akan dijamu makan malam oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Abdul Razak.

"Keesokan harinya, tanggal 12 November akan diadakan pertemuan bilateral dan di sana juga akan dihadiri Eminent Person Group yang beranggotakan tokoh-tokoh Indonesia dan Malaysia. Presiden juga akan menyelenggarakan Business Luncheon di Kuala Lumpur,” ujar Dino.

Tanggal 12 November siang rombongan Presiden akan meninggalkan Malaysia menuju Singapura untuk melakukan kunjungan bilateral dan menghadiri KTT APEC. “Presiden SBY akan bertemu dengan Presiden Singapura, SR Nathan. Presiden juga direncanakan akan bertemu dengan PM Lee Hsien Loong untuk mengadakan pertemuan bilateral, setelah itu bertemu dengan Minister Mentor Lee Kwan Yuu. Setelah itu akan ada state dinner di Istana Presiden Singapura,” Dino menerangkan.

“Keesokan harinya (Jumat), Presiden akan melanjutkan serangkaian kegiatan KTT APEC yang akan diadakan di Singapura, termasuk menghadiri KTT APEC CEO Summit," ujar Dino.

Presiden SBY akan memberikan pidato di APEC CEO Summit pada sore hari pada tanggal 13 November. Presiden juga akan menghadiri retreat APEC Economic Leaders Meeting bersama para pemimpin APEC lainnya.

Presiden direncanakan akan memberikan pandangan mengenai Bogor Goals. Target Bogor Goals yang ditetapkan di Bogor pada tahun 1994 di mana akan terjadi liberalization of trade and investment untuk negara industri pada tahun 2010 dan negara-negara berkembang pada tahun 2020. "Presiden SBY akan menjadi semacam lead speaker untuk topic ini,” kata Dino.

Pada tanggal 15 November 2009, Presiden SBY akan menghadiri KTT ASEAN dengan Amerika. “Ini pertama kalinya Amerika dan ASEAN sepuluh negara itu bertemu dalam KTT, termasuk pemimpin Myanmar. Setelah itu akan ada pertemuan bilateral antara Presiden SBY dengan Presiden Barack Obama. Waktunya sedang dicocokkan. Tanggal 16 November Presiden SBY dijadwalkan akan kembali ke tanah air,” ujar Dino.(VIVAnews)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY