Custom Search

Presiden SBY Minta BI Bikin Terobosan Moneter

http://media.vivanews.com/thumbs/56704_bank_indonesia_thumb_300_225.jpg

SBY PRESIDENCY. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta jajaran Bank Indonesia (BI) untuk melakukan beragam terobosan dan inovasi kebijakan moneter.

Itu adalah salah satu dari sejumlah permintaan yang disampaikan SBY kepada Bank Indonesia. Permintaan lainnya adalah BI meningkatkan kinerja untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi. BI diminta terus memelihara dan meningkatkan peran perbankan dalam menghadapi krisis keuangan global.

Dalam menghadapi krisis global, SBY meminta untuk menjaga kestabilan nilai tukar mata uang, agar volatilitasnya tetap terjaga. Penataan instrumen derivatif juga harus dilakukan BI agar tidak menekan rupiah. BI juga diminta mendorong bank untuk meningkatkan penyaluran kredit.

"Saya juga minta agar BI terus memberikan dukungan stimulus fiskal sebagai instrumen penting," ujarnya pada saat meresmikan Museum Bank Indonesia di Jakarta Selasa 21 Juli 2009.

SBY memuji BI yang selama 5 tahun ini yang membuat peningkatan kebijakan moneter. BI dipuji telah melakukan tugasnya dengan baik, menjaga inflasi, mendorong intermediasi bank.

Ketika krisis keuangan global akhir tahun lalu, BI dinilai bertindak dengan cepat dan berhasil melakukan langkah terobosan yang positif, dalam bentuk kebijakan fiskal dan moneter.

"BI memberikan jaminan kepada UKM, yang merupakan pilar utama rakyat.
BI juga memantapkan kebijakan perbankan, meningkatkan transparansi, manajemen resiko likuditas, produk derivatif bank," tututurnya.
vivanews

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY