Custom Search

Presiden dorong sinergi pusat & daerah

SBY PRESIDENCY. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan kembali pentingnya sinergi mulai dari perencanaan pembangunan hingga pelaksanaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Presiden Yudhoyono saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2010-2014, kemarin.

Presiden mengatakan sebagai kepala pemerintahan ia akan berjalan bersama-sama dengan para menteri yang memimpin sektoral dan para gubernur yang bertanggung jawab terhadap pembangunan regional.

"Sinergi antara para menteri dan gubernur dibantu bupati dan wali kota sangat menentukan keberhasilan pembangunan. Saya ingin sejak sekarang sampai 5 tahun mendatang, koordinasi, komunikasi, konsultasi, dan sinergi dapat kita bangun secara efektif," ujarnya.

Presiden juga meminta agar semua pihak tidak saling menyalahkan dan bahu membahu mencari jalan keluar dari setiap permasalahan pembangunan yang dihadapi.

Sistem desentralisasi, lanjut Presiden, mengubah pola pembangunan yang sebelumnya lebih banyak ditentukan oleh kebijakan pusat. Saat ini, pemerintah pusat hanya memiliki kontribusi sebesar 40% terhadap keberhasilan pembangunan, sementara sisanya dimiliki oleh pemerintah daerah.

"Saya berharap gubernur, bupati, wali kota, benar-benar memahami bahwa maju mundurnya, berhasil tidaknya sangat terpulang pada apa yang saudara lakukan di daerah," tuturnya.

Agenda pembangunan nasional 2010-2014 diarahkan pada pelaksanaan 11 prioritas pembangunan nasional, antara lain reformasi birokrasi dan tata kelola, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, dan ketahanan pangan.

Selain itu, infrastruktur, iklim investasi dan bisnis, energi, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, pembangunan daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan pascakonflik, kebudayaan, serta kreativitas dan inovasi teknologi.• Bisnis Indonesia

http://sbypresidency.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY