Custom Search

Presiden Undang China Kerja Sama Bidang Infrastruktur

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang pemerintah China untuk bekerja sama di bidang infrastruktur.

"Kedua pemimpin sepakat terus melakukan kerja sama ekonomi. Tapi Presiden juga mengundang pemerintah China bekerja sama di bidang infrastruktur," kata juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal di Hotel Marina Mandarin Singapura, Jumat sore, seusai pertemuan Presiden Yudhoyono dan Presiden China Hu Jintao.

Presiden, kata dia, juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerjasama pemerintah China membangun jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

"Ini adalah salah satu bentuk kerja sama yang konkret antara kedua negara," katanya.

Dino mengatakan, kedua negara memiliki hubungan kerja sama yang baik selama hampir 60 tahun terakhir.

"Saya juga bisa katakan bahwa perdagangan Indonesia-China sudah melampaui target 30 miliar dolar AS pada 2008, jadi memang luar biasa sekali perkembangannya, dan potensi hubungan perdagangan dan investasi Indonesia-China," paparnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan dwipihak Presiden Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Kamis (12/11) malam, Presiden juga mengundang pemerintah Singapura untuk menanamkan investasi di Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan dwipihak dengan Presiden China Hu Jintao selama lebih kurang 30 menit menjelang pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Singapura, 14-15 November.

Pertemuan tersebut dilakukan di Ruang Taurus Hotel Marina Mandarin, Singapura, tempat Presiden Yudhoyono dan delegasi APEC Indonesia menginap

Dalam pertemuan itu Presiden Yudhoyono memimpin delegasi Indonesia yang terdiri atas Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perindustrian M. Hidayat, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala BKPM Gita Wiryawan.

Pertemuan antara Presiden Yudhoyono dan Hu Jintao merupakan satu dari sejumlah pertemuan dwipihak yang akan dilakukan Presiden di sela rangkaian pertemuan puncak APEC.

Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan dwipihak dengan Perdana Menteri Papua Nugini Michael Somare dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Kamis (12/11) malam, Presiden melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Singapura SR Nathan, Menteri Senior Lee Kuan Yew dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Pada Kamis malam Perdana Menteri Lee Hsien Loong menjamu delegasi Indonesia dalam sebuah jamuan santap malam di Istana.

Dalam pertemuan dwipihak tersebut, kedua kepala pemerintahan membahas upaya-upaya peningkatan hubungan baik kedua negara.(ANTARA)

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY