Custom Search

Presiden Resmikan Jalur Ganda Kereta Api

SBY PRESIDENCY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan jalur ganda kereta api lintas Cirebon-Kroya serta lintas Tegal-Pekalongan serta pengoperasian 75 kereta dan dua lokomotif. Acara digelar di Stasiun Besar Jakarta Kota, Rabu (9/9) mulai pukul 14.00 WIB. Hadir dalam acara ini Menteri Perhubungan Jusman Syafei Djamal, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Meteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Sofyan Djalil.

http://d.yimg.com/hb/xp/lptn/20090909/20/688923684-presiden-resmikan-jalur-ganda-kereta-api.jpg?x=213&y=159&sig=N1TZqJhxl3okLX8498_.MA--

Pembangunan jalur ganda Patuguran-Purwokerto sepanjang 34,879 kilometer merupakan bagian dari pembangunan jalur ganda kereta lintas Cirebon-Kroya sepanjang 158 kilometer yang dilakukan bertahap. Proyek ini menelan biaya Rp 498,9 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Lingkup pekerjaan meliputi pembangunan jembatan beton sebanyak 206, pembangunan underpass dan fly over, serta pembangunan persinyalan elektrik di lima stasiun.

ANTARA melansir tujuan pembangunan jalur ganda untuk mempercepat waktu tempuh, memperlancar persilangan kereta api dari dan ke Jakarta yang melewati jalur selatan Jawa. Jalur ganda juga untuk mengurangi penumpukan kereta di Stasiun Purwokerto serta meningkatkan kapasitas lintasan dari 90 kereta jadi 180 kereta per hari.

Sedangkan jalur ganda Petarukan-Larangan merupakan bagian dari pembangunan jalur ganda kerata api lintas Tegal-Pekalongan sepanjang 60 kilometer. Lingkup pekerjaan meliputi pemasangan rel antara Pemalang-Surodadi-Larangan sepanjang 22,700 kilometer persegi, pembangunan delapan jembatan dengan anggaran Rp 325,2 miliar. Manfaat pembangunan jalur ganda meningkatkan keselamatan, mempercepat waktu tempuh dari dan ke Jakarta yang melewati Pantai Utara Jawa. Pembangunan itu juga meningkatkan kapasitas lintas dari 67 kereta api menjadi 134 kereta per hari.

Sedangkan pengadaan kereta sebanyak 75 unit terdiri atas 35 kereta ekonomi yang pengadaannya bersumber dari dana APBN Ditjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan senilai Rp 92,9 miliar. Sedangkan pengadaan 20 kereta komunitas, 20 kereta eksekutif dan dua lokomotif bersumber dari dana PT KAI. Total 75 kereta tersebut adalah hasil produksi PT Industri Perkeretaapian Nasional (INKA).

Selama periode 2004-2009, Dephub telah merevitalisasi sarana dan prasarana kereta, meningkatkan jalur utama kereta sepanjang 1.610 km dan pengoperasian kembali jalur kereta api Bogor-Sukabumi. dalam periode ini PT KAI membangun jalur ganda sepanjang 302 km termasuk jalur ganda kereta api Tanah Abang-Serpong pada 2007, jalur ganda Yogyakarta-Kutuarjo pada 2008, dan pengoperasian kembali Stasiun Tanjungpriok pada April 2009.

Acara peresmian yang berpusat di Stasiun Jakarta Kota yang dikenal sebagai kawasan padat semakin membuat runyam kemacetan di daerah tersebut. Mobil-mobil menteri dan pejabat negara lainnya memasuki jalur khusus Transjakarta dan bahkan memotong jalan menuju stasiun melewati terminal Transjakarta. Selama acara peresmian, stasiun Jakarta Kota tetap beroperasi dan kedatangan kepala negara mendapat sambutan hangat dari para calon penumpang.detiknews.com

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY