Custom Search

Jumlah Kabinet SBY Akan Dirampingkan

SBY PRESIDENCY

Untuk meningkatkan efektivitas kerja kabinet, rencananya jumlah Kabinet Indonesia Bersatu akan dirampingkan. Perampingan itu akan membawa konsekuensi penggabungan dan pemekaran untuk beberapa departemen dan kementerian.

http://www.detiknews.com/images/content/2009/09/16/10/sby-boediono-dalam.jpg

Sumber detikcom di lingkungan istana negara menjelaskan saat ini tim yang ditunjuk SBY sedang melakukan finalisasi perampingan kabinet. Bahkan untuk beberapa pos tertentu sudah dilakukan simulasi.

"Sekarang sedang dalam finalisasi perampingan itu. Nanti pada waktunya akan diumumkan langsung oleh Bapak Presiden," kata sumber detikcom, Rabu (16/9/2009).

Menurut salah seorang pembantu SBY ini, jumlah departemen dan kementerian yang sebelumnya 35 akan dipangkas menjadi sekitar 33. Beberapa kementerian dan departemen yang bisa digabung akan disatukan kembali.

"Jumlahnya akan semakin mengecil, ya sekitar 33 kementerian plus departemen. Ini akan dikembalikan seperti dulu," paparnya.

Sumber itu mencontohkan beberapa merger kementerian dan pemekaran departemen-departemen penting. Rencananya, Departemen Perdagangan akan digabung dengan Departemen Perindustrian. Kementerian Perumahan Rakyat akan digabung dengan Departemen Pekerjaan Umum.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan akan digabung dengan BKKBN. Kementerian Kebuyaan dan Pariwisata akan dipisah menjadi Kementerian Pariwisata saja. Sementara masalah kebudayaannya akan dikembalikan kepada Departemen Pendidikan Nasioanal.

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga akan dipisah menjadi Departemen Tenaga Kerja saja. Sementara urusan transmigrasi akan digabung dengan Kementerian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal.

"Itu beberapa conton merger dan pemekaran. Mungkin masih bisa bertambah lagi, karena sekarang masih dalam pengkajian," papar sumber itu.

Saat ini, lanjut sumber itu, SBY masih akan melihat hasil dari pola kerja perampingan dan merger kabinet. "Setelah masalah ini tuntas, baru penentuan siapa menteri-menteri yang akan duduk di kabinet akan ditentukan," paparnya.

"Pak SBY kan sudah berkali-kali bilang belum menyusun kabinet, ya karena menunggu semua proses ini selesai. Kalau sudah fix semua, tinggal ditunjuk saja," pungkasnya.detiknews.com

0 comments:

Post a Comment

 

Custom Search

SBY PRESIDENCY